Catsheet

Yuk kenali 7 Makanan khas daerah Sumatera

Sugifoods - Berbicara tentang makanan khas daerah, pastinya kita ingin mencoba makanan khas tersebut dong ya.. Apalagi makanan yang belum pernah kita coba sebelumnya, pasti penasaran dengan rasa dan tekstur makanan tersebut.

Yuk kita simak, 7 Makanan khas daerah Sumatera. Mulai dari daerah Padang, Minangkabau, Jambi sampai ke Bengkulu.

1. Kue talam - Padang

Sumber foto : cookpad.com

Kalian pasti tidak asing kan melihat makanan yang satu ini. Ya, kue talam merupakan salah satu makanan tradisional yang terbuat dari tepung, santan kelapa dan daun pandan. Berbeda daerah, sebutan untuk makanan ini berbeda juga. Ada yang menyebutnya kue parem, kue lumpang pandan hijau, kue nona manis dsb. 

Namun kue talam khas padang, memiliki citra rasanya tersendiri. Dimana lapisan putih kue lebih terasa santannya yang lembut dan lebih padat singkongnya. Tekstur Kue Talam Padang bertekstur seperti pudding dan biasanya dibuat dengan memadukan adonan singkong dan ketan menjadi dua lapisan, kemudian bahan baku lain berupa gula merah, tepung beras, kelapa, gula, garam, serta pandan.

2. Nasi Kapau - Minangkabau


Sumber foto : oknusantara.com

Nasi Kapau sekilas terlihat seperti Nasi Padang atau Nasi Rendang khas Padang. Tapi ternyata berbeda. Nasi Kapau tidak seterkenal Nasi Rendang. Namun rasanya tidak kalah lezat

Nasi Kapau terdiri dari nasi, sambal dan beberapa jenis lauk pauk khas Kapau. Lauk pauk khas Kapau antara lain gulai tunjang atau urat kaki sapi/kerbau, gulai tulang sapi/kerbau, gulai bebek. Selain lauk, nasi kapau biasanya disajikan dengan sayur nangka. Untuk nasinya, Nasi Kapau menggunakan beras pilihan, biasanya menggunakan beras berkualitas baik yang didapatkan dari Bukittinggi atau Agam.

3. Kalio Baluik - Minangkabau


Sumberfoto : ditanya.com

Kalio Baluik adalah makanan khas daerah Minangkabau yang mirip sekali dengan rendang, namun cara memasaknya berbeda. Kalio Baluik dimasak setengah jadi sehingga warnanya lebih seperti cokelat muda. Namun rendang, dimasaknya lebih lama dari kalio baluik sehingga memiliki warna coklat gelap.

Tekstur dari Kalio Baluik ini lengket dan basah dan beraroma seperti karamel. Berbahan dasar daging sapi, namun bisa juga menggunakan daging ayam, hati sapi atau jengkol.

4. Dendeng Balado - Minangkabau


Sumberfoto : bango.co.id

Dendeng Balado merupakan makanan khas daerah Minangkabau yang dibuat dari irisan daging sapi tanpa lemak yang tipis dan lebar yang kemudian dikeringkan dengan api kecil atau dijemur, lalu digoreng kering dan kemudian diberi bumbu balado yang super pedas namun tetap nikmat.


5. Tempoyak - Jambi


Sumber foto : makananoleholeh.com

Tempoyak adalah makanan khas Jambi yang berbahan dasar durian lalu difermentasi. Setelah difermentasi, durian akan mengeluarkan aroma yang menyengat dengan cita rasa yang khas. 

Tempoyak mempunyai cita rasa asam yang khas dengan tekstur daging buah yang lembek. Di tanah Sumatera, tempoyak tak hanya terkenal di Jambi, tetapi juga di Palembang dan Lampung. Bahkan, di luar pulau seperti Kalimantan, tempoyak juga banyak dijual terutama saat musim durian tiba.

O ya, biasanya orang Jambi menggunakan tempoyak sebagai bahan campuran sambal atau sebagai teman nasi.

6. Rambutan goreng - Jambi


Sumber foto : makananoleholeh.com

Makanan khas yang satu ini memang benar-benar unik, Rambutan goreng khas Jambi. Rambutan yang diolah dari buah rambutan yang digoreng dan dibaluri bumbu.

Cara pembuatannya hampir sama seperti nanas goreng. Dan tentunya, yang digoreng adalah bagian dagingnya saja. Daging rambutan yang akan digoreng, harus dibiarkan dulu beberapa saat agar benar-benar kering. Dan setelah kering, daging rambutan dibaluri dengan bumbu-bumbu seperti tepung terigu, garam dan vanili lalu digoreng. Setelah matang, rambutan goreng harus ditiriskan terlebih dahulu.

7. Pendap - Bengkulu

Sumber foto : bobo.grid.id

Pendap atau yang disebut dengan Pepes Ikan khas Bengkulu, merupakan makanan khas yang sangat diminati para wisatawan karena rasanya yang gurih dan pedas bercampur jadi satu. Bahan-bahan Pendap tidak terlalu sulit, yaitu kelapa muda, asam pede, laos, kunyit, kemiri, dan ketumbar, bawang putih, bawang merah, daun jeruk purut, kelapa rendang, dan cabai.

Jenis ikan yang digunakan adalah ikan gebur, ikan kakap merah, ikan terusan atau gelamo.

Itulah 7 makanan khas daerah Sumatera. Tunggu informasi lainnya dari Sugifoods untuk ulasan makanan khas daerah Sumatera lainnya.


Posting Komentar

0 Komentar