Catsheet

Inilah 11 makanan khas Jawa Barat yang wajib kalian coba

Masing-masing daerah di Indonesia pasti memiliki makanan khasnya tersendiri. Namun apakah kalian sudah pernah mencoba semua makanan khas tersebut, atau masih belum tahu makanan khas daerah mana yang kira-kira mesti dicoba?

Yuk kita simak makanan khas daerah Jawa Barat yang wajib kalian coba. Untuk makanan khas daerah lainnya, nanti Sugifoods akan membagikannya ya.

Inilah 11 makanan khas Jawa Barat yang wajib kalian coba...

1. Surabi


Surabi atau Serabi adalah jajanan pasar tradisional khas Jawa Barat yang terkenal dengan kelezatannya. Surabi khas Jawa Barat ini memiliki 2 varian rasa, yaitu manis dan asin. Serabi manis menggunakan kinca dan serabi asin menggunakan taburan oncom yang telah dibumbui atau bisa menggunakan telur sebagai topping tambahan.

Surabi juga ada yang berasal dari Solo Jawa Tengah, namun rasa nya tentu saja berbeda ya. Meskipun cara pembuatannya sama-sama di atas arang dengan menggunakan mangkuk tanah liat.

Surabi banyak dijumpai di kota Bandung, namun sekarang tidak hanya di kota Bandung saja kalian bisa menikmati Surabi, di kota kalian juga mungkin sudah ada. Yuk coba Surabi.

2. Combro, Misro


Combro yang kepanjangannya Oncom dijero & Misro yang kepanjangannya Amis dijero merupakan makanan khas Jawa Barat Bandung yang terbuat dari bahan dasar singkong. Bentuknya bulat atau lonjong dan memiliki rasa yang gurih, enak dan kriuk.

Bagi pecinta rasa pedas, kalian bisa coba Combro.

3. Lotek, Karedok


Lotek adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang mirip dengan Gado-gado tapi bumbunya lebih banyak karena ditambahkan terasi, gula merah dan bawang putih. Secara umum, lotek terasa lebih manis dari Gado-gado.

Lotek merupakan campuran dari rebusan sayuran segar dan sambal dicampur bumbu kacang. Lotek dapat disajikan dengan lontong/nasi.

Sedangkan karedok dibuat dari campuran sayuran mentah seperti mentimum, toge, kol, kacang panjang, daun kemangi dan bumbu kacang yang terbuat dari cabe merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam dan terasi.

Makanan ini wajib kalian coba sebagai teman nasi. Bagi penggembar sayuran mentah, kalian bisa coba karedok guys..


4. Mie kocok



Mie kocok adalah salah satu makanan khas Bandung Jawa Barat yang kuahnya berasal dari kuah kaldu sapi kental dengan dicampur mie kuning, irisan kikil sapi, taoge, bakso, jeruk nipis dan ditaburi irisan seledri bawang daun serta bawang goreng.

Istilah kocok pada makanan ini merujuk pada proses pembuatannya, yaitu mencelupkan dan mengocok mie dan taoge ke dalam air panas. Mie yang digunakan pada mie kocok adalah mi kuning gepeng yang bertekstur lebih lembut.

Wajib kalian coba kalau sedang mampir ke Bandung. Rasanya lezat dan berbeda dengan mie biasanya.

5. Nasi tutug oncom



Nasi tutug oncom adalah salah satu makanan khas Tasikmalaya Jawa Barat yang terbuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau oncom bakar. Nasi tutug oncom disajikan dengan sedikit bawang goreng, irisan telur dadar, sambal terasi, lalapan serta ikan asin goreng. Kini tutug oncom juga bisa dicampur dengan ayam goreng atau ayam bakar.

Selain di Tasikmalaya, kalian juga bisa menemukan nasi tutug oncom ini di sebagian besar rumah makan khas sunda di daerah kalian.

6. Kupat tahu singaparna



Kupat tahu merupakan makanan tradisional Indonesia yang berbahan dasar ketupat, tahu goreng dan bumbu kacang. Ketupat bisa digantikan juga dengan Lontong. Ada banyak jenis kupat tahu, tapi yang paling terkenal berasal dari Singaparna, Surakarta dan Magelang. Perbedaannya hanya di bumbu dan pelengkapnya saja. Versi Magelang dan Solo, kupat tahu ditambahkan irisan kol, bakwan, mie dan tahu putih. Sedangkan versi Singaparna, kupat tahu ditambahkan tauge rebus.

Kupat tahu Singaparna berasal dari Tasikmalaya Jawa Barat, tapi sudah mulai menyebar ke daerah lainnya. Cocok buat sarapan di pagi hari.

7. Sate maranggi



Sate maranggi adalah makanan khas daerah Purwakarta Jawa Barat yang rasanya berbeda dengan sate biasanya. Sate maranggi memiliki 2 varian daging, yaitu daging sapi dan kambing yang sudah melewati proses perendaman daging dengan bumbu rendaman terlebih dahulu sebelum dibakar. Sehingga tidak perlu didukung dengan saus kacang sebagai siramannya.

Adapun bumbu rendam sate maranggi terbuat dari kecap manis dan rempah-rempah lainnya seperti jahe, ketumbar, lengkuas, kunyit dan sedikit cuka untuk memberikan sedikit rasa asam.

Untuk menikmati sate maranggi, kalian bisa berkunjung ke daerah Purwakarta dan Cianjur ya guys.

Baca juga artikel : Ayam Semar Pandawa - Bandung

8. Tahu sumedang



Tahu Sumedang adalah makanan khas daerah Sumedang Jawa Barat yang memiliki citra rasa berbeda dengan tahu biasanya. Sensasi rasanya gurih, kulit tahunya kripsi dan isinya empuk serta lembut.

Apabila kalian beli tahu sumedang dalam jumlah banyak, umumnya tahu sumedang dibungkus menggunakan bongsang/anyaman bambu.

Kalian bisa menemukan tahu sumedang ini di daerah kalian ya guys, karena sekarang tahu sumedang sudah menyebar ke semua daerah. Jadi tidak harus ke sumedang dulu. Yuk, coba

9. Nasi jamblang



Nasi jamblang atau yang disebut dengan Sega jamblang adalah makanan khas Cirebon Jawa Barat yang memiliki khas daun jati sebagai bungkus nasinya. Tak hanya menambah aroma tetapi juga sensasi sedap yang dapat menggugah selera.

Karena sifatnya prasmanan, kalian bisa memilih menu makanannya sendiri guys. Varian nya banyak, antara lain sambal goreng, tahu sayur, sate telur puyuh, ikan asin, cumi, paru goreng, telur dadar, perkedel dan masih banyak yang lainnya. Rasa nya enak dan bikin nagih.

10. Nasi lengko



Nasi lengko atau yang disebut juga dengan Sega lengko merupakan makanan khas Cirebon Jawa Barat yang terdiri dari nasi putih, potongan tempe dan tahu goreng, mentimum dicacah, toge rebus, potongan daun kucai lalu dicampur dengan bumbu kacang di atasnya, serta diberi kecap secukupnya sampai kecoklatan.

Nasi lengko banyak ditemukan di daerah Cirebon, Tegal, Cilacap, Kab. Kuningan sampai ke Kab. Majalengka. Karena memiliki cita rasa yang berbeda dengan makanan lain, maka kebanyakan wisatawan yang berasal dari luar Jawa Barat sangat menyukai Nasi lengko ini. Wajib dicoba.

11. Burayot



Burayot merupakan salah satu makanan khas Garut Jawa Barat yang bentuknya menggelantung. Burayot terbuat dari bahan gula merah, tepung beras, kacang tanah dan minyak kelapa. Rasanya manis dan gurih, sehingga banyak disukai banyak orang.

Selain dodol yang merupakan makanan khas Garut yang paling menonjol, kalian wajib mencoba Burayot yang satu ini guys.

Posting Komentar

0 Komentar