Catsheet

Ini dia 7 Makanan khas daerah Lombok

Sugifoods - Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang dikenal akan masakan khas bercitra rasa pedas dan berbumbu rempah yang diracik khusus. Ini dia 7 makanan khas daerah Lombok yang harus kalian coba

1. Plecing kangkung

Sumber foto : www.yummy.co.id

Plecing Kangkung adalah makanan khas daerah Lombok yang bahan utamanya adalah kangkung air. Kangkung di daerah Lombok berbeda dengan kangkung yang sering kita jumpai, kangkung Lombok memiliki batangan yang besar dan renyah, tapi kangkung yang sering kita jumpai memiliki batangan yang lebih kecil. Ini karena kangkung air daerah Lombok ditanam di sungai dengan metode pengaliran tertentu.

Cara pembuatan plecing kangkung cukup mudah, yaitu dengan merebus kangkung dan menyajikannya saat kangkung sudah dingin bersama sambal tomat. Sambal tomat terdiri dari tomat, terasi, rawit, garam, dan jeruk nipis sehingga memberikan rasa asam.

2. Ayam bakar taliwang

Ayam Taliwang (Foto: Sengigivillas)

Ayam bakar taliwang merupakan makanan khas daerah Lombok yang paling terkenal di Indonesia. Hampir seluruh rumah makan di Lombok menyajikan menu ini.

Ayam bakar taliwang biasa disajikan dengan nasi dan plecing kangkung yang dikombinasikan dengan tauge, kacang tanah, parutan kelapa, dan sambal.

3. Nasi balap puyung

Sumber foto : liputan6.com

Nasi balap puyung merupakan makanan khas daerah Lombok yang termasuk ke dalam jenis makanan berat dengan citra rasa pedas. Hidangannya berisi nasi putih, ayam suwar-suwir, sayur kacang panjang, kentang kriuk, abon sapi, dan satu potong ayam goreng kampung. 

Ciri khas Nasi balap puyung ini terletak pada rasa bumbu khas yang ada pada ayam suwar-suwirnya. Sedangkan kehadiran kentang keringnya menciptakan cita rasa gurih dan renyah.

4. Sate rembiga


Salah satu ikon kuliner Pulau Lombok adalah Sate Rembiga. Nama Rembiga sendiri berasal dari nama sebuah kelurahan di Selaparang, Mataram, Lombok.

Sate rembiga memiliki cita rasa yang lezat karena dibalur dengan aneka rempah. Biasanya sate rembiga berbahan daging sapi seperti sate maranggi. Namun cita rasanya lebih pedas karena bumbu rendamannya sekaligus sausnya menggunakan cabai.

Daging yang dipilih untuk Sate rembiga harus ditumbuk terlebih dahulu agar empuk. Setelah empuk, daging harus direndam ke dalam bumbu-bumbu khusus selama dua jam baru kemudian dibakar. Sate rembiga yang siap santap biasanya disajikan bersama bulayak.


5. Sate tanjung


Sate tanjung adalah sate yang berasal dari kecamatan sekaligus ibu kota kabupaten Lombok Utara bernama Tanjung. Sate tanjung berbahan dasar ikan dan memiliki rasa yang pedas dan gurih. 

Berbeda dengan sate lainnya yang biasa disajikan dengan saus kacang. Sate tanjung ini tidak disajikan menggunakan saus apapun. Karena rasa pedas pada daging ikan yang empuk membuat cita rasa sate ini menjadi lezat dan gurih. Sate Tanjung banyak dijual di sepanjang jalan di Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Tidak hanya satu, ada puluhan penjual sate ikan yang tersebar di kabupaten ini.


6. Bebalung

Sumber foto : http://resepyummy.com/

Bebalung, yang sekilas mirip dengan gulai atau soto daging merupakan makanan khas Lombok yang dianggap sebagai makanan penambah tenaga dan penumbuh vitalitas. Bebalung juga merupakan salah satu makanan wajib di setiap hajatan yang diadakan masyarakat setempat.

Bebalung terbuat dari tulang iga sapi, dan dapat juga menggunakan iga kerbau kemudian diracik bersama bumbu halus berupa cabai rawit, lengkuas, kunyit, jahe, bawang merah, dan bawang putih.  Oleh masyarakat Sasak, bumbu semacam itu disebut sebagai ragi rajang. Setelah bumbu menyatu dalam tulang iga, bebalung sapi sudah bisa disantap. Bebalung paling enak dihidangkan saat masih hangat. Dan biasanya penyajian bebalung dilakukan dalam mangkok ditemani nasi putih, plecing, dan sambal.

7. Beberuk terong

Photo courtesy of blogspot.com

Salah satu makanan khas daerah Lombok lainnya adalah Beberuk terong. Jika dilihat dari namanya, berarti sudah jelas bahan dasarnya adalah terong. Terong yang digunakan adalah terong gelantik (terong yang bentuknya bulat kecil dan warnanya putih keunguan).

Terong kemudian diiris dan dicampur bersama irisan kacang panjang, lalu disiram menggunakan sambal tomat pedas. Bisa juga ditambahkan irisan bawang dan jeruk nipis sebagai penguat aroma rasa beberuk.

Posting Komentar

1 Komentar