Catsheet

6 Bahan Makanan yang bisa Menjaga Kesehatan Otak

Tentunya kita ingin memiliki kinerja otak yang tetap optimal meskipun usia kita terus bertambah kan? Kinerja otak tidak hanya mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh, tapi juga mempengaruhi daya ingat dan kemampuan kognitif kita. 

Untuk itu, marilah kita rajin konsumsi bahan makanan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak kita. Berikut adalah 5 Bahan Makanan yang bisa Menjaga Kesehatan Otak


1. Ikan

Ikan adalah salah satu bahan makanan yang dapat menjaga kesehatan otak karena kaya Asam Lemak Omega 3 yang dibutuhkan dalam pembentukan sel-sel otak dan daya ingat.

Mengonsumsi Omega 3 selama kehamilan juga dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan otak janin dan menurunkan keterlambatan perkembangan janin. Contohnya adalah Ikan Salmon, Sarden dan Ikan Kembung.

2. Kopi dan Teh Hijau

Nah, kopi juga baik loh untuk kesehatan otak. Karena kopi memiliki kandungan kafein yang dapat membantu meningkatkan kemampuan otak untuk berkonsentrasi. Selain kopi, ada juga teh hijau yang kandungan kafeinnya tinggi, baik untuk kesehatan otak.

3. Kunyit

Kurkumin yang ada pada kunyit membantu mendorong pertumbuhan sel otak, sehingga menunda penurunan daya ingat akibat usia.

4. Biji labu

Biji labu memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Dan memiliki kandungan gizi lain yang sangat baik bagi kesehatan otak seperti seng, magnesium, tembaga, dan zat besi.

5. Jeruk

Jeruk juga baik untuk otak karena memiliki kandungan vit-C yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel otak.

6. Telur

Telur mengandung vit B6, vit B12 dan asam folat yang sangat baik untuk kesehatan otak. Dan juga mengandung kolin yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga daya ingat.

Jauhi minuman dengan kandungan gula tinggi dan juga bahan makanan yang memiliki indeks glikemik dan kandungan lemak jenuh yang tinggi, karena itu akan berpengaruh buruk bagi fungsi otak.

Posting Komentar

1 Komentar