Catsheet

7 Efek samping makan pisang setiap hari

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan terutama untuk kaum pria yang sangat berguna untuk meningkatkan kesuburan dan kualitas sperma pria. Dan dari berbagai jenis pisang, ternyata pisang memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Seperti pisang raja yang memiliki nutrisi paling tinggi. Nutrisi yang terkandung dalam pisang raja ialah serat, protein, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, niacin, mangan, magnesium, filat, dan zat besi. Serta kandungan mineral dan vitamin yang terdapat dalam pisang raja dapat melawan berbagai penyakit. Berbeda dengan pisang susu yang mengandung 85 – 100 kalori sehingga tidak boleh terlalu berlebihan mengonsumsinya. Pisang susu mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Lalu apa jadinya jika makan pisang setiap hari? Berikut 7 Efek samping makan pisang setiap hari



1. Migrain


Konsumsi pisang secara berlebihan rupanya dapat memberikan efek penyumbatan pada pembuluh darah sehingga mengakibatkan penyakit sakit kepala sebelah alias migrain.

Pisang mengandung tiramin, yakni zat yang ditemukan dalam makanan seperti keju, ikan, daging. Zat tiramin dalam pisang inilah yang merupakan pemicu sakit kepala migrain.


2. Memicu pembusukan gigi

Kadar pati yang tinggi dalam pisang dapat menyebabkan kerusakan gigi parah. Karena, pati larut secara perlahan di dalam mulut sehingga  mengonsumsi pisang membuat partikel-partikelnya terselip di antara gigi. Pada akhirnya, bakteri penyebab pembusukan gigi akan terkumpul di sana.

3. Kerusakan saraf


Pisang juga mengandung vitamin B6 dalam jumlah tinggi. Bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan saraf.

Asupan vitamin B6 yang lebih dari 100 mg apalagi tanpa resep dari dokter akan sangat berbahaya, maka sebaiknya perhatikan asupan buah pisang dengan mempertimbangkan juga asupan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

4. Masalah pernapasan


Konsumsi pisang setiap hari juga bisa menyebabkan masalah peradangan. Kondisi ini bisa mempersempit saluran udara dan masalah pernapasan. Sehingga seseorang akan kesulitan bernapas atau menelan.


5. Nyeri perut

Konsumsi pisang setiap hari juga bisa menyebabkan nyeri perut serius, terlebih jika pisang belum matang. Bahkan Anda mungkin saja mengalami sakit perut yang disertai rasa mual.

Apalagi pisang belum matang mengandung jumlah pati resisten tinggi dan harus dikeluarkan dari tubuh lebih lama. Anda juga bisa mengalami muntah bahkan diare.

6. Kenaikan berat badan


Bagi Anda yang tak ingin gemuk atau tak ingin berat badan naik dengan cepat, maka hindari makan pisang setiap hari, apalagi mengonsumsinya lebih dari 2 buah per hari. Apabila Anda ingin mengonsumsi camilan buah dengan kalori rendah, maka pisang bukan buah yang terbaik.

7. Menimbulkan banyak gas


Frutosa dan serat larut ada di dalam buah pisang di mana kedua kandungan tersebutlah yang menjadi pemicu timbulnya gas. Apabila mengonsumsi pisang dalam jumlah besar setiap hari, tak heran bila Anda pun harus membiarkan usus besar bekerja lebih keras dalam proses mencerna serat sehingga gas pun terhasilkan dari sana. Sama dengan serat larut, fruktosa juga akan sulit dicerna oleh tubuh bila konsumsi kita terlalu banyak, maka ketahui porsi yang paling aman.

Efek makan pisang setiap hari secara berlebihan pasti buruk bagi kesehatan karena segala yang berlebihan tidaklah baik. Bagi Anda yang memiliki riwayat kesehatan tertentu, seperti masalah ginjal, gula darah tinggi, alergi, dan lainnya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter tentang boleh tidaknya konsumsi pisang apalagi setiap hari. Bila diperbolehkan, maka ketahui juga porsi yang tepat supaya tak mengancam kesehatan Anda.


Posting Komentar

0 Komentar