Catsheet

Inilah 8 cara membeli ikan segar dan berkualitas baik

Sugifoods - Jangan asal pilih apabila kalian membeli ikan. Kalian harus tahu apa saja yang menandakan bahwa ikan yang kalian beli adalah ikan yang segar dan berkualitas baik. Karena ikan yang berkualitas rendah dan dan tidak segar, kandungan nutrisinya tidak optimal.

Jika memungkinkan, beli ikan utuh yang masih lengkap dengan kepala. Karena kepala ikan akan memberikan tanda yang paling banyak untuk menentukan kualitas ikan.


Yuk, kita simak 8 cara membeli ikan segar dan berkualitas baik :
  1. Cari mata ikan yang jernih, terang dan masih berwarna hitam di bagian tengahnya.Selain itu coba kalian tekan mata ikan tersebut. Apabila tidak lembek saat ditekan berarti ikan tersebut masih segar. Apabila kalian menemukan mata ikan yang keruh dan terasa lembek berarti ikan tersebut sudah tidak segar lagi.
  2. Penampilan kulit ikan atau sisik harus cerah, mengkilat dan tidak kusam. Pastikan juga sisiknya masih menempel dengan kuat pada badan ikan dan tidak mudah lepas saat ditarik, Sedangkan jika kalian memilih ikan yang tidak bersisik, pastikan saja kulit ikan tidak terkelupas. Perhatikan juga kondisi fisik ikan jangan yang terlihat kaku.
  3. Coba tekan ringan dari ingsang ikan sampai ke ekor. Apabila daging ikannya keras dan kembali ke bentuk semula, berarti kondisi ikan masih segar. 
  4. Periksa juga warna ingsang. Ingsang ikan segar ditandai dengan warna kemerahan. Semakin merah warna ingsang, semakin baik kualitasnya. Jangan pilih ingsang yang berwarna kecoklatan atau keabuan, karena warna tersebut menandakan kualitas ikan telah menurun.
  5. Periksa kulit ikan. Kulit ikan mungkin licin, tetapi tidak boleh berlendir atau lengket.


  6. Ikan yang berkualitas baik seharusnya tidak berbau. Dan apabila baunya mencurigakan atau aneh, berarti ikan sudah tidak baik. Karena bisa jadi ikan tersebut telah mengalami pembusukann dan dibiarkan terlalu lama dalam suhu ruangan.
  7. Perut ikan adalah bagian badan ikan yang mudah busuk. Ikan yang berkualitas baik ditandai dengan isi perut ikan yang bersih, cerah dan berwarna kemerahan. Jangan pilih perut ikan yang pucat dan berwarna hitam. Apabila kalian tidak bisa melihat perut ikan. Kalian bisa menekannya. Apabila terasa kenyal saat saat ditekan dan dapat kembali ke bentuk semula, berarti ikan tersebut berkualitas baik.
  8. Ekor ikan harus lembab, tidak kering atau dengan ujung melengkung di ujungnya.

Setelah melakukan tips di atas, kalian harus sesegera mungkin menyimpan ikan yang sudah dipilih ke lemari pendingin atau mengolahnya, agar kesegeran ikan tetap terjaga. 

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus