Catsheet

Inilah 5 manfaat cincau hijau bagi kesehatan, salah satunya untuk osteoporosis

Sugifoods - Cincau hijau adalah salah satu makanan yang berupa gel seperti agar-agar dan biasanya sering dicampur dengan minuman segar seperti es cincau, es campur dan lain sebagainya. 

Cincau hijau ini ternyata memiliki beberapa manfaat yang sangat baik bagi kesehatan, salah satunya untuk osteoporosis. Dan pada dasarnya cincau tidak berkalori, karena merupakan komponen serat larut tak cerna. Jadi cincau ini cocok untuk santapan diet ketika harus membatasi asupan kalori.


Tak hanya daun cincau hijau yang baik bagi kesehatan, ternyata olahan daun cincau hijau pun baik untuk kesehatan.

Berikut 5 manfaat cincau hijau bagi kesehatan :

1. Obat anti malaria
Cincau hijau bisa dijadikan alternatif untuk obat malaria. Karena ekstrak tumbuhan cincau mengandung zat anti protozoa, tetrandine dan alkaloid yang baik untuk malaria.

Selain untuk malaria, kandungan alkaloid sendiri juga baik untuk tumbuhan cincau, yaitu untuk melindungi serangan hama, penguat tumbuhan dan pengatur kerja hormon.

2. Meredakan demam
Untuk meredakan demam, kalian bisa menggunakan daun cincau hijau. Cukup dengan memetik daunnya, lalu rebus dengan air bersih. Setelah itu, diamkan air rebusan cincau sampai sedikit hangat. Saring air rebusan tersebut kemudian minum sebanyak 2x sehari.

Tanaman cincau hijau mengandung senyawa seperti karbohidrat, lemak, polifenol, saponin, flavonoid, alkaloid, kardioplegikum, tentradin, kalsium, fosfor, vitamin A dan B. Senyawa-senyawa tersebut menghasilkan efek anti-demam, darah dan anti-racun.

3. Mengobati diabetes
Daun cincau juga memiliki kandungan bizbenzilsokuinolin klorofil yang berguna untuk menstabilkan kadar gula darah yang tinggi. Jadi kalian bisa minum cincau dengan rutin.

4. Mengatasi darah tinggi
Tentradin adalah senyawa yang terkandung pada cincau hijau yang berkhasiat untuk melebarkan pembuluh darah, sehingga darah dapat mengalir secara lancar dan normal kembali. Dan ini bisa mengatasi darah tinggi.

5. Mencegah osteoporosis
Cincau juga memiliki senyawa yang baik seperti kalsium, magnesium dan fosfor yang tinggi untuk meregenerasi tulang keropos dan mencegah osteoporosis. Osteoporosis biasanya dialami pada usia 30 tahunan ke atas. Dengan mengonsumsi cincau hijau, masalah osteoporosis ini dapat dicegah.

Sumber : Dilansir dari berbagai web kesehatan

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus