Catsheet

9 Makanan yang wajib ada untuk meningkatkan imun! Ayo lawan coronavirus

Sugifoods - Ketika kasus Coronavirus terus meningkat, melakukan tindakan pencegahan setiap hari seperti mencuci tangan, menjaga jarak sosial, berolahraga, dan tidur yang cukup adalah kunci untuk menurunkan resiko infeksi.

Tetapi mempertahankan pola makan yang sehat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga dapat memberi beberapa keunggulan. Penting untuk dicatat bahwa tidak ada penelitian yang dilakukan pada makanan yang membantu melawan COVID-19 secara khusus.

Namun, penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa makan makanan tertentu dapat meningkatkan kesehatan dan memperkuat kemampuan tubuh untuk melawan virus invasif lainnya.

Berikut adalah 9 Makanan yang disetujui oleh ahli untuk meningkatkan imun :

Photo by Magda Ehlers from Pexels

1. Paprika merah

Paprika merah kaya akan vitamin C. Dan perlu diingat bahwa vitamin C berkontribusi untuk pertahanan kekebalan dengan mendukung berbagai fungsi sel dan dapat menurunkan risiko infeksi pernapasan. Ini juga dapat membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh kalian.

2. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan berbagai mineral serta fito-nutrien yang baik untuk membangun sistem imunitas tubuh serta mencegah terjadinya berbagai infeksi. Dalam 100gr, Brokoli mempunyai kandungan vitamin C sekitar 89.2mg

3. Buncis

Buncis mengandung banyak protein dan nutrisi penting yang terbuat dari asam amino yang dapat membantu menumbuhkan dan memperbaiki jaringan tubuh. Kandungan vitamin C pada buncis juga tinggi, dapat bertindak sebagai antioksidan yang mampu menjaga tubuh tetap bersih dari radikal bebas, serta dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan berbagai mineral penting yang ada di dalamnya.

4. Strawberry

Strawberry mengandung vitamin C dan zinc yang tinggi, dan ini bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh melalui kandungan antioksidan di dalamnya untuk membantu melawan infeksi tertentu, salah satunya coronavirus.

Selain itu vitamin C juga dipercaya akan memberikan manfaat ganda bila dikonsumsi dengan makanan lainnya terutama makanan yang mengandung zat besi tinggi.


5. Bawang putih

Bawang putih tidak hanya menambah rasa gurih pada masakan, tapi bawang putih juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik, karena sifat antioksidan bawang putih sangat kuat.

Bawang putih juga memiliki nutrisi tinggi tapi rendah kalori, mengandung mangan, vitamin B6, vitamin C, selenium dan serat. Kandungan tersebut adalah sistem penguat kekebalan tubuh alami yang membantu kalian melawan coronavirus.

Bawang putih telah ditunjukkan di masa lalu untuk membantu menangkal flu. Dalam sebuah studi tahun 2001 yang diterbitkan di Advances in Therapy, peserta yang mengonsumsi suplemen bawang putih lebih kecil kemungkinannya terserang flu.

6. Jamur

Jamur memiliki sumber vitamin D terbaik selain paparan sinar matahari. Diketahui ada tiga jenis jamur yang baik untuk sistem kekebalan tubuh yaitu: Reishi, Maitake dan Shitake.

Salah satu kandungan jamur yang paling menguntungkan adalah selenium. Sumber utama selenium adalah protein hewani.  Dan bisa bermanfaat bagi kesehatan tulang dan meningkatkan daya tahan tulang. Selenium juga memperkuat gigi, kuku dan rambut. Lebih jauh lagi, nutrisi penting ini adalah antioksidan kuat, yang membuat tubuh radikal bebas dan umumnya memperkuat sistem kekebalan tubuh.

7. Bayam

Bayam kaya akan vitamin C dan penuh antioksidan yang membantu melindungi sel-sel kekebalan tubuh dari kerusakan lingkungan. Selain itu bayam juga memiliki beta karoten, yang merupakan sumber makanan utama vitamin A - komponen penting dari fungsi kekebalan tubuh yang tepat.

8. Yogurt

Yogurt adalah sumber probiotik yang baik, dan merupakan bakteri baik yang dapat membantu mempromosikan usus dan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Studi baru-baru ini juga menemukan probiotik efektif untuk melawan flu biasa dan infeksi saluran pernapasan seperti influenza.

9. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari tinggi vitamin E, yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam 100 gr biji bunga matahari panggang kering dapat memberikan kalian 49% dari nilai vitamin E harian kalian, menurut NIH.

Dilansir dari cnbc.com dan berbagai situs lainnya.
Ayo lawan coronavirus

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.CLUB :-*
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus